Mengelola Stres pada Ibu Rumah Tangga

Apa itu Stres?

Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang memengaruhi emosi, fisik, psikis, maupun mental seseorang. Gejala stres ini memengaruhi kesehatan fisik dan kesehatan mental. Sehingga seseorang merasa, tertekan, nervous, tidak kooperatif, kekhawatiran kronis serta menunjukkan sikap mudah marah.

Stres biasanya dipengaruhi faktor eksternal maupun internal yang disebut sebagai Stressor. Kondisi tersebut merupakan respons biologis alami tubuh saat menghadapi situasi tertekan atau berbagai jenis Stressor.

Dengan memahami berbagai jenis Stressor, maka kita akan dapat mengidentifikasi penyebabnya.

Macam-macam Stres


Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Stressor dalam kehidupan manusia terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Stressor Fisik (Jasmaniah)
    Penyebab stres ini dapat berupa rasa nyeri, kelelahan fisik, maupun jenis penyakit yang menyebabkan kamu merasa tertekan dan mengalami stres.
  2. Stressor Psikologi
    Penyebab stres ini dapat berupa patah hati, konflik, dendam, iri hati, maupun berbagai jenis konflik batin lainnya.
  3. Stressor Sosial Budaya
    Yang masuk kategori/penyebab stressor sosial budaya ini meliputi; pensiun, PHK, menganggur, perceraian, dan sejumlah kondisi eksternal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres.

Mengelola Stres pada Ibu Rumah Tangga

Pada umumnya, stres yang sering dialami oleh ibu rumah tangga adalah jenis Stres Fisik (Nomor 1). Misalnya saja pekerjaan domestik yang harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan, mencuci, mengepel, menyetrika, jemput anak sekolah, ditambah pula manajemen waktu yang masih amburadul.

Gejala-gejala yang dirasakan seperti, migrain, badan pegal-pegal, sensitif (mudah baper), rasa pengin uring-uringan dan sebagainya. Nah, kalau sudah mengetahui tanda-tandanya seperti itu, bersegeralah ambil tindakan untuk mengelolanya!

Bagaimana cara mengelolanya? Read moreā€¦

Published by

aprilhatni

Hello, I am mom of two kids. I am interested about Parenting, Psychology and Graphic Design. I love teach and learn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *